-->

Kamis, 09 April 2015

Era Komunikasi Modern


Oleh Erik P. Simanullang

Perkembangan komunikasi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. 

Demikian halnya dengan teknologi komunikasi yang merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi (menurut Rogers, 1986).
Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu. Dari sinilah, semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronik lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini berintegrasi satu dengan lainnya.
Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.
Sejarah perkembangan komunikasi mencapai puncak kejayaannya pada era modern saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, seperti diciptakannya komputer, laptop, handphone , menjadikan komunikasi memiliki pola nan berbeda. Komunikasi dapat dilakukan lebih efisien dan efektif. Selain itu, pola komunikasi nan terjadi saat ini mempengaruhi nilai-nilai sosial nan ada.
Kehadiran internet membawa perubahan yang sangat besar bagi dunia telekomunikasi. Saat ini, jutaan komputer sudah terhubung ke jaringan internet dan menyediakan sangat banyak informasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja di seluruh dunia. Berbagai aplikasi berbasis internet sudah banyak digunakan, seperti e-commerce, elearning, video conference, e-government, dan sebagainya. Dengan semakin banyaknya sumber informasi di internet, maka muncullah beragam mesin pencari (search engine) yang sangat memudahkan pengguna internet dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Yahoo dan Google adalah dua contoh search engine yang sangat populer saat ini. Satu aplikasi penting lainya adalah Wikipedia, yakni ensiklopedia bebas yang menyediakan informasi tentang suatu istilah tertentu secara sangat lengkap dengan segala referensi yang digunakan. Aplikasi internet lainnya yang sangat penting adalah mailinglist yang merupakan kelompok diskusi menggunakan e-mail. Saat ini, ribuan mailing-list dari beragam komunitas sudah memenuhi jaringan internet. Dari sisi software, keberadaan internet telah membuat manusia bisa berkomunikasi dengan sangat mudah.
Jaringan telekomunikasi, baik yang berbasis kabel maupun wireless, sudah memiliki kecepatan sangat tinggi hingga Megabyte per detik. Di negara-negara maju, pengaksesan data dari benua lain memiliki kecepatan yang hampir sama dengan pengaksesan data dari harddisk. Dengan demikian, data-data multimedia (teks, suara, gambar dan video) sudah bisa dikirimkan melalui internet. Sebagian negara sudah menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) yang memungkinkan komunikasi suara melalui jaringan internet. Hal ini membuat biaya telekomunikasi menjadi semakin murah.
Komputer yang berukuran sangat kecil dan terintegrasi dengan handphone sudah umum digunakan. Terjadi konvergensi antara telekomunikasi berbasis suara dengan data-data lainnya: teks, gambar, dan video. Teknologi Bluetooth memungkinkan sebuah handphone bisa berkomunikasi tanpa kabel dalam jarak dekat dengan beberapa perangkat lainnya seperti komputer, printer, scanner, dan sebagainya. Handphone berbasis jaringan 3G (generasi ke-3) sudah bisa digunakan untuk pengiriman data multimedia.

Bentuk Komunikasi Modern
Komunikasi adalah aktifitas yang wajib kita lakukan dalam kehidupan manusia. Ada juga yang berpendapat bahwa komunikasi adalah segala bentuk alat yang berguna untuk memindahkan sebuah informasi dari satu tempat ke tempat lain. Pekembangan komunikasi tergantung dari kebutuhan orang itu sendiri. Inilah daftar bentuk komunikasi modern.

    1.      Video Call, dari namanya tentu Video Call berguna untuk berbicara sambil bertatap muka bersama lawan bicara,yang membuat anda merasakan seperti bercakap-cakap secara langsung. Video Call juga bisa dibilang Video Chat, seperti di komputer, hanya saja Video Call kebanyakan ada di perangkat mobile yang mempunyai jaringan 2100 keatas (3G dan 4G) serta memili lensa kamera baik didepan ataupun belakang. Tidak semua perangkat mobile bisa video call, ada yang mempunyai 2 kamera, tetapi tidak mendukung jaringan 2100 maka tidak akan bisa video call.
  
  2. Video Conference melalui internet adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih menggunakan jaringan internet broadband. Video conference biasa digunakan untuk kuliah jarak jauh dan rapat dengan universitas-universitas di kota lain. Layanan video conference juga pernah digunakan untuk mempresentasikan karya pada sebuah lomba yang disaksikan oleh tim penilai di Malaysia. Dengan fasilitas audio visual secara real time membuat komunikasi terasa nyata, sehingga peserta seakan-akan berhadapan langsung dengan peserta lain meskipun berada di kota/negara lain. Fasilitas yang digunakan dalam layanan video conference antara lain :
·         Screen dan Projector
·         Laser pointer
·         WiFi menggunakan jaringan ITB (terbatas)
·         Computer Graphics (CG)
·         Video table untuk menampilkan yang dilakukan/ditulis peserta di atas mejanya
    
   3. Berkomunikasi Melalui Telepon, adalah sebuah alat komunikasi yang berguna untuk menerima informasi dalam bentuk suara. Pengirim Informasinya melalui sinyal listrik, dengan menggunakan jaringan kabel. Telepon merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. Telepon pertama ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Sampai era ini, teknologi yang satu ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat.
    
    4.  Menyampaikan informasi melalui Radio, adalah sebuah peralatan komunikasi yang menggunakan media gelombang elektromagnetik untuk mendapatkan informasi yang berupa suara. Dalam sebuah radio, terdapat tiga komponen yang mendukung yaitu system pemancar, sumber suara, dan antena pemancar.
     
     5.   Menyampaikan informasi melalui Televisi, adalah sebuah system elektronik yang dapat menerima pesan ataupun sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang. Televisi ditemukan oleh Gottileb Paul Nipkow pada tahun 1860-1940. Macam-macam televisi dibedakan menjadi televisi digital dan analog.

     6.      Berkomunikasi Melalui Handphone (HP)/Mobile Phone
     HP adalah sebuah alat elektronik yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi (bertukar informasi) bisa berupa suara, teks, sampai gambar. HP mengalami perkembangan yang sangat pesat.
     
    7.  Menyampaikan  dan Mencari informasi Melalui Satelit, sebuah teknologi komunikasi yang berada di luar angkasa yang bertugas menerima sinyal yang berasal dari bumi untuk dikirimkan ke tempat lain di bumi.
  
    8.  Mengirim Faksimile, fungsi dari teknologi komunikasi ini adalah mengirim  dan menerima informasi yang berupa tulisan/gambar. Bentuk dari facsimile ini sendiri menyerupai mesin fotokopi.

Pengaruh dan Efek Komunikasi Modern
Teknologi komunikasi saat ini semakin canggih dan semakin mumpuni bagi masyarakat di seluruh dunia. Perkembangan terus terjadi, inovasi dan fungsi dari teknologi komunikasi juga semakin lengkap. Komunikasi manusia semakin terbantu dengan adanya teknologi. Komunikasi dinilai semakin efektif dan efisien dalam prosesnya.
Komunikasi manusia dengan teknologi ini ternyata menimbulkan dampak bagi jalannya kehidupan manusia beserta aspek – aspek yang ada di dalamnya. Dampak itu ada baik positif maupun negatif. Dampak positif tentunya beberapa dampak yang berguna dan bermanfaat bagi kelancaran kehidupan, sedangkan dampak negatif yang merupakan dampak yang timbul dan tanpa disadari mempengaruhi kehidupan.
Dampak bagi manusia yang pertama adalah dampak positif yakni dengan adanya teknologi ini ternyata seperti apa yang telah dikatakan tadi, manusia memiliki kehidupan yang semakin mudah. Teknologi komunikasi dan informasi saat ini sudah memasuki era digital dimana semua bidang dalam media komunikasi dicoba untuk dimasukkan kedalam suatu yang ringkas dalam perangkat teknologi dan dapat mudah diakses oleh para pengguna. Selain itu di era digital ini jaringan perantara untung pengiriman pesan dan informasi semakin cepat.
Hal positif lain dari teknologi komunikasi dan informasi ini adalah manusia bisa dengan mudah untuk mengenal informasi baik yang jauh maupun dekat baik yang berbeda waktu maupun tidak. Teknologi ini sudah benar – benar menjadi ekstensi atau penyambung kesulitan manusia dalam berkomunikasi. Manusia kini dapat berkomunikasi melewati ruang dan waktu tanpa ada batasan.
Semua yang ada dunia menjadi terasa dekat dengan adanya teknologi ini. Seluruh masyarakat dunia bisa memperkaya wawasan dan pengetahuannya masing – masing. Jadi, saat ini masyarakat dunia tidak ada alasan lagi untuk sulit mengetahui inforfmasi dan memiliki intelektual yang baik. Pendidikan saat ini bisa didapatkan melalui media informasi.
Bicara soal pendidikan, teknologi komunikasi ini juga ternyata mempengaruhi beberapa peneliti dan ilmuwan untuk mengkaji sosial lebih lanjut. Dengan adanya suatu yang baru pastinya sisi manusia juga pasti berubah. Oleh karena itu, ternyata adanya teknologi komunikasi dan informasi ini mendorong peneliti untuk melakukan observasi baru dan pada akhirnya menemukan teori – teori baru tentang komunikasi manusia.
Teori – teori komunikasi tersebut dibagi menjadi beberapa jenis. Yakni mulai dari komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan yang terakhir adalah yang paling utama menggunakan teknologi komunikasi yaitu komunikasi massa, komunikasi yang bertujuan menyebarkan informasi, memberikan hiburan, bertujuan edukasi, dan  juga menjadi kontrol sosial yang efektif. Dengan adanya teori lanjut ini, komunikasi manusia yang rumit mendapatkan sedikit arahan kembali.
Teknologi dikatakan dapat menghidupkan dan juga dapat mematikan kehidupan. Jadi, selain dampak positif yang merambat ternyata dampak negatif juga terus mengikuti. Dampak negatif tersebut menyangkut dari sisi kesehatan fisik manusia dan sampai juga pada mental dan psikologis manusia yang pada akhirnya berdampak juga pada karakter serta kepribadian manusia.
Yang pertama, dampak buruk dapat merasuki bagi kesehatan manusia. Teknologi yang canggih ini ternyata tidak hanya semata – mata sukses dan sudah sempurna begitu saja yang tidak dapat mencelakakan manusia. Tetapi, justru teknologi saat ini dapat mencelakakan diri manusia jika penggunaannya tidak dilakukan secara hati – hati dan berkadar pas. Perlu diketahui, teknologi komunikasi pastinya membutuhkan sebuah jaringan penghantarnya, gelombang elektromagnetik yang menghantarkan tersebut baik yang dikirimkan maupun yang diterima ternyata memiliki daya radiasi yang sangat kuat. Semakin lancar dan baik jaringannya, semakin berbahaya radiasinya. Begitulah menurut penelitian dan saat ini belum ditemukan cara untuk mengatasi hal tersebut. Cara satu –satunya untuk mencegahnya hanya dengan meminimalisir penggunaan media elektronik yang berlebihan, juga penyimpanan media teknologi tersebut di tempat yang tepat.
Selain faktor radiasi yang dapat membahayakan tersebut, ternyata penggunaan teknologi ini juga berbahaya bagi kesehatan mata. Berhubung beberapa teknologi media komunikasi dan informasi saat ini sudah menggunakan perangkat gambar dengan tampilan visual yang kebanyakan memancar terang. Tampilan dari layar media elektronik tersebut ternyata jika kita hadapkan dengan mata terus menerus dapat mengurangi daya mata kita sehingga pada akhirnya kita dapat mengalami cacat mata yaitu seperti minus pada mata yang timbul dan bertambah.
Begitulah beberapa sisi buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan. Selanjutnya adalah pada mental dan sisi psikologis manusia. Ternyata, menurut penelitian teknologi yang ada sekarang memang sangat hebat dan memuaskan keinginan manusia. Namun hal yang dikatakan sangat baik ini membuat manusia menjadi seorang yang ketergantungan dan mengalami kecanduan terhadap teknologi ini.
Jadi, manusia menjadi sulit jika tanpa teknologi. Sebenarnya semua ini adalah perasaan dari manusia sendiri. Manusia sekarang ini tidak menyadari bahwa sebenarnya dia tetap bisa menjalani aktivitas dan keseharian hidup meski tanpa teknologi yang canggih. Orang – orang di masa ini cenderung menjadi lebih pemalas karena suatu yang serba instan. Mereka lupa bahwa ada beberapa hal yang saat ini sudah hilang tidak dijalani padahal suatu hal tersebut masih sangat berguna.
Seperti budaya membaca buku, suatu negara yang terlebih dahulu menikmati teknologi sebelum membudayakan membaca cenderung membuat masyarakatnya menjadi miskin pengetahuan dan justru tidak menggunakan teknologi secara maksimal. Budaya ini jika tidak dibiasakan akan membuat manusia menjadi seorang yang penuh dengan perangkat namun masih saja memiliki jiwa dan pemikiran yang kerdil.

Sebagai orang komunikasi baiknya kita selalu mengangkat media ini dengan lebih baik. oleh karena itu, inilah tugas para komunikan seperti kita yang berada dan mengenyam pendidikan di fakultas ilmu komunikasi. baiknya kita membudayakan komunikasi yang bijak dan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat secara cerdas sehingga penggunaan teknologi komunikasi dan informasi ini tidak banyak memiliki dampak buruk melainkan lebih memiliki dampak yang positif diterima dan juga semakin membuat manusia lebih cermat dalam menggunakan teknologi secara lebih maksimal. Semua dampak yang ada sesungguhnya adalah ciptaan dari manusia itu sendiri, karenanya, semua dampak positif bisa semakin ditingkatkan, dampak negatif bisa dikurangi oleh manusia sendiri.

1 Comments:

  1. mau nanya mas ini sumbernya dari buku siapa ya? dftar pustakanya

    BalasHapus